Tips Konsumen - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
19 Agustus 2017


Tips Bagi Konsumen Perbankan

Pesatnya perkembangan produk dan jasa perbankan saat ini mengharuskan konsumen untuk jeli dalam memilih produk dan layanan yang ditawarkan. Berikut ini adalah beberapa tips praktis yang dapat dipergunakan konsumen perbankan agar dapat bertransaksi secara aman.

Waspada dengan Penawaran yang Menggiurkan

Kemajuan teknologi berdampak positif pada mudah dan cepatnya melakukan transaksi perbankan. Saat ini Anda dapat melakukan transaksi perbankan dimana saja dan kapan saja, melalui internet (ebanking), telepon selular (m-banking), telepon (phone banking), ataupun lewat sms (sms-banking). Di satu sisi, hal ini dapat memudahkan masyarakat dalam menentukan pilihan transaksi keuangannya, tetapi di sisi lain dapat membuka peluang terjadinya penyalahgunaan.

Mengenal Anti Pencucian Uang

Pencucian uang merupakan suatu upaya untuk menyembunyikan atau menyamarkan uang yang dihasilkan dari suatu aksi kejahatan, seperti prostitusi, perdagangan obat bius, korupsi, penyelundupan, penipuan, pemalsuan, perjudian, dan lain lain.
 
Uang hasil kejahatan akan dicoba untuk disimpan dalam institusi keuangan (termasuk bank) dan dengan cara tertentu asal usul uang tersebut disamarkan. Untuk selanjutnya, uang tersebut digunakan kembali untuk membiayai aksi kejahatan lainnya, dan mencucinya lagi, demikian seterusnya.

Kiat Aman Menggunakan APMK dan Uang Elektronik

Penggunaan APMK dan uang elektronik oleh masyarakat telah banyak dirasakan manfaatnya. Namun demikian, penggunaan APMK dan uang elektronik yang tidak hati-hati akan dapat menimbulkan berbagai risiko. Untuk memitigasi berbagai risiko tersebut, perlu diperhatikan tips aman dalam penggunaan APMK dan uang elektronik

Gunakan dengan Bijak

Kartu kredit sebagai salah satu alat pembayaran memiliki berbagai keuantungan dan manfaat, namun demikian dalam penggunaannya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen dalam menggunakan kartu kredit.

Pusing dengan Perubahan Nilai Tukar ?

Kebutuhan masyarakat Indonesia atas produk treasury dan derivatif semakin hari semakin berkembang, karena masyarakat membutuhkan valuta asing untuk berbagai aktivitas internasionalnya, seperti pembayaran transaksi yang dilakukan dengan pihak luar negeri, biaya pendidikan anak yang bersekolah di luar negeri, alat pembayaran liburan di luar negeri dan sebagainya. Disamping itu, investor modern menggunakan produk derivatif sebagai instrumen untuk meminimalisasi risiko dan mengoptimalkan arus kas uang masuk dan keluar. Produk treasury yang paling dikenal di masyarakat adalah produk valuta asing (valas atau Foreign Exchange/Forex).

Kiat Menyikapi Kondisi Keuangan Global

Sistem keuangan suatu negara tidak dapat berdiri sendiri namun saling terkait dan terintegrasidengan sistem keuangan di negara lain. Sebagai cotoh, penurunan index harga saham di suatu negara dapat berpotensi membawa risiko penurrunan indeks harga saham di negara lain karena investasi dapat dilakukan di dalam negeri maupun lintas Negara.

Kenal dan Sayangi Rupiah dengan 3D

Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, kita harus mengenal Uang Rupiah yang asli. Ternyata mudah lho mengenali Uang Rupiah yang asli. Uang Rupiah yang kita miliki tentu merupakan hasil jerih payah, sehingga Uang Rupiah juga harus kita sayangi.

Bank Indonesia punya tips yang mudah untuk mengenali Uang Rupiah asli dan menyayanginya. Masih Ingat 3D kan.? Pastikan Anda Kenal dan Sayang kepada Uang Rupiah dengan 3D, mudah diterapkan dan mudah diingat… Ingat Uang Rupiah, Ingat 3D.

Cara Cepat Mengenali Layanan Perbankan Syariah

Di mana saja layanan bank syariah dapat ditemukan? Berikut adalah tip-tip untuk mengenali layanan perbankan syariah secara cepat.

Istilah Populer Perbankan

Sebelum bertransaksi dengan perbankan, perlu dipahami definisi dari beberapa istilah perbankan yang sering digunakan. Berikut adalah panduan yang dapat membantu Anda dalam mengetahui istilah populer perbankan.

Kenali Call Center Bank Anda

Ingin menanyakan mengenai kondisi rekening Anda di bank? Anda punya keluhan dalam bertransaksi ? Segera hubungi pusat informasi nasabah bank Anda yang sering disebut sebagai Call Center melalui nomor telepon yang telah diinformasikan oleh pihak bank kepada para nasabahnya. Nomor teleon dapat diperoleh di belakang kartu kredit/kartu ATM, laporan bulanan rekening, lembar tagihan bulanan kartu kredit dan pada layar mesin ATM.

Ingat 3 P “Pastikan Manfaatnya, Pahami Risikonya, Perhatikan Biayanya”

Semakin berkembang dan kompleksnya jenis produk dan layanan yang ditawarkan oleh perbankan, tidak hanya membawa manfaat untuk kemudahan bertransaksi dan berinvestasi, namun juga membawa kemungkinan peningkatan biaya dan risiko yang dihadapi oleh konsumen.

Dengan demikian sebelum memutuskan produk dan jasa yang akan digunakan, konsumen perlu memperoleh informasi yang lengkap mengenai manfaat, risiko dan biaya yang melekat pada produk dan jasa perbankan.


Show Left Panel