Mengenal Rupiah - Bank Sentral Republik Indonesia
Sign In
27 Mei 2017

Pasal 20 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2009 memberikan mandat bagi Bank Indonesia untuk mengeluarkan dan mengedarkan Uang Rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dimaksud dari peredaran.

Dalam rangka menjaga kualitas uang beredar di masyarakat, Bank Indonesia menerapkan kebijakan untuk mengganti/menukar uang tidak layak edar dengan uang yang layak edar. Kebijakan ini bertujuan untuk menjaga Uang Rupiah yang beredar berada dalam kualitas yang baik sehingga mudah dikenali ciri-ciri keasliannya. Terlampir Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Rupiah

Ciri - Ciri Keaslian Uang Rupiah

Sudahkah Anda tahu ciri-ciri Uang Rupiah yang asli? Perlu Anda ketahui bahwa Bank Indonesia senantiasa melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas uang sehingga mudah dikenali ciri-ciri keasliannya dan aman dari upaya pemalsuan.

Agar lebih mudah mengenali keaslian Uang Rupiah, maka pahami Panduan Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah sehingga Anda dapat dengan mudah mengenali Uang Rupiah asli dari Unsur Pengaman yang terdapat pada Uang Rupiah tersebut.

Standar Kualitas Uang Rupiah
   

Tahukah Anda, bahwa Uang Rupiah yang beredar di masyarakat terus-menerus dijaga Kualitasnya oleh Bank Indonesia? Uang Rupiah perlu dijaga kualitasnya agar uang yang beredar dalam kondisi baik dan layak, sehingga masyarakat nyaman dalam menggunakan Uang Rupiah sehari-hari.

 

Bagaimana dengan kualitas uang yang Anda punyai sekarang? Pastikan Uang Rupiah yang ada pegang saat ini adalah Uang Layak Edar (ULE) yang sesuai dengan standar kualitas Uang Rupiah yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

 
 
Daftar Uang Yang Dicabut/Ditarik dari Peredaran

Tahukah Anda bahwa uang yang Anda miliki termasuk uang yang sudah dicabut dan ditarik dari peredaran ?

Standar Uang Layak Edar dan Uang Tidak Layak Edar

Apakah Anda saat ini masih memiliki dan menyimpan uang lusuh/kumal atau rusak? Seperti apa bentuk uang lusuh atau Uang Tidak Layak Edar (UTLE) itu ?

Panduan Penukaran Uang Tidak Layak Edar
 

Apakah Uang Rupiah yang Anda miliki dalam kondisi rusak, lusuh/cacat dan sudah tidak berlaku lagi? Lalu apa bisa ditukar dengan uang baru? Jawabannya bisa. Bank Indonesia akan mengganti Uang Rupiah Anda yang rusak atau sudah tidak layak edar sebesar nilai nominalnya, asal dapat dikenali keasliannya dan sesuai dengan kriteria uang rusak yang dapat diberikan penggantian.

 

Untuk mengetahui kriteria uang rusak yang bisa diganti oleh Bank Indonesia, maka Anda perlu tahu Panduan Penukaran Uang Tidak Layak Edar. Selain itu, perlu Anda ketahui juga kriteria Uang yang lusuh (cacat) dan Uang yang sudah dicabut dan ditarik dari peredaran yang dapat ditukar ke Bank Indonesia.

 
 

Show Left Panel